Tuesday, August 16, 2011

Dokumenter: Apa Sih?

Mungkin kebanyakan dari kalian adalah penikmat film, pembuat film, dan orang-orang yang menggemari film. Tapi mungkin masih ada sedikit pertanyaan mengenai apa itu film dokumenter.

Emang sebenernya, dokumenter itu apa sih?

Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan (dikutip dari Wikipedia) Tapi disini kenyataan yang disampaikan bukan seperti yang ditayangkan reality show ;p Pembuat film dokumenter membuat dokumenter dengan riset, wawancara, dan kajian-kajian mengenai topik yang diusung. Tentu hal ini dibuat agar dokumenter yang disajikan ke audiens dapat dipertanggungjawabkan isinya sekaligus benar-benar menjadi film yang mendokumentasikan kenyataan :) Maka bisa dibilang, film dokumenter itu menampilkan lagi fakta yang ada dalam kehidupan :)

Yang membedakannya lagi dengan feature film, disini aktor dan aktrisnya adalah narasumber film tersebut. Selain itu, budget untuk membuat film dokumenter ga sebesar budget untuk membuat feature film (walau emang effort nya juga keras ya :p) Walau demikian, bukan berarti dokumenter ga bisa komersil. Justru karena keunikannya ini, movie-devotee juga menggilai film dokumenter. Beberapa film dokumenter terkenal adalah Super Size Me, dibuat oleh Morgan Spurlock tentang efek samping junk food di Amerika (klik disini untuk lihat) dan An Inconvenient Truth, film tentang pemanasan global yang dibintangi oleh Al Gore, mantan wakil presiden Amerika Serikat (klik disini untuk lihat trailernya).

Nah, salah satu ciri dokumenter yang paling menonjol adalah fungsi propaganda. Filmmaker dapat membuat isu-isu tertentu menjadi ter blow up sesuai dengan tujuannya. Seperti contoh, Super Size Me dibuat karena Morgan Spurlock ingin menunjukkan pada dunia bagaimana sesungguhnya efek samping yang nyata dari mengkonsumsi McDonalds secara kontinyu. 

Sudah mendapatkan gambaran yang cukup mengenai film dokumenter? Kalau sudah, segera buat tim dan gabung ke Documentary Competition! Untuk kamu yang lebih memilih buat menikmati film, tunggu panitia Documentary Days menyelenggarakan Screening film-film dokumenter top-rated bulan November nanti :) Dan bagi kamu yang udah daftar jadi peserta, jangan lupa isi form online (disebelah kanan post ini ;D) dan buat trailer film kamu karena trailer kamu bisa dilombakan di Trailer Film Terfavorit! \:D/ Masih ada yang mau ditanyain? Tinggalin aja komen di chatbox, mention kami di Twitter, wall kami di Facebook, atau bisa langsung SMS/telepon panitia: Sabrina (085692590512). Record, Play, Change!!!


Pluralism, Unity, Respect and Empathy,
Event Division of Documentary Days 2011

No comments:

Post a Comment