Tuesday, June 19, 2012

Tentang Documentary Days 2012


Seiring dengan perkembangan kehidupan dunia yang terus berubah, film dokumenter dari masa ke masa pun terus mengalami perubahan, termasuk definisi dokumenter itu sendiri. Dengan semakin berkembangnya tema-tema yang diangkat dalam film dokumenter, semakin berkembang dan luas pula perkembangan film dokumenter ini dalam satu dekade terakhir ini terutama di Indonesia. Hal ini pula yang banyak menumbuhkan komunitas-komunitas film dokumenter di Indonesia. Perkembangan yang begitu besar dalam film dokumenter tentu saja membuat film dokumenter memiliki potensi yang besar untuk dieksplorasi. Untuk itulah Documentary Days 2012 kembali hadir untuk mengeksplorasi lebih film-film dokumenter.

Tema besar pada Documentary Days 2012 ini adalah “Cultural Legacy;  Exploring The World’s Uniqueness of Myth, Legend, and Tradition”. Bukan hanya mitos dalam arti takhayul, namun juga berbagai kebudayaan dan tradisi masyarakat yang memiliki latar belakang asal mula tradisi yang berbeda-beda. Tidak hanya daerah Indonesia, tetapi juga tradisi di berbagai negara. Tentunya, tidak semua orang tahu apa saja tradisi yang berlaku disebuah daerah, asal muasal adanya tradisi tersebut, dan seberapa besar tingkat kepatuhan masyarakat pada tradisi tersebut. Selain kita sebagai bangsa yang satu wajib mengetahui tradisi dan kebiasaan negeri sendiri, tentu tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui tradisi dan kebiasan tersebut diluar negeri. 

Dengan mengetahui hal-hal sederhana seperti mitos, legenda, dan tradisi ini, kekaguman dan kecintaan kita terhadap negara Indonesia tentunya akan semakin bertambah dan pengetahuan budaya kita terhadap luar negeri pun bertambah. Sayangnya, orang-orang yang belum mengetahui rahasia tersembunyi di kebudayaan Indonesia dan negara lain ini terkadang tidak tahu bagaimana cara menambah ilmu mereka tentang budaya. Padahal jika mereka disuguhkan ilmu seperti ini, mereka akan sangat antusias untuk mendapatkannya.

No comments:

Post a Comment